Bagi penonton drama Korea beberapa tahun terakhir, mungkin tak asing melihat iklan brand tertentu muncul di dalam adegan-adegannya. Dengan sangat halus, iklan brand tertentu masuk ke dalam alur cerita drama Korea dan mampu menarik atensi penonton.
Iklan produk semacam ini dinamakan product placement dan dinilai sebagai salah satu strategi marketing yang efektif. Sebagaimana kita ketahui, penonton drama Korea telah mencakup masyarakat internasional. Sehingga, iklan produk di dalam drama Korea memiliki kelebihan mampu menarik perhatian tidak hanya audiens lokal tetapi juga di banyak negara lain.
Menariknya, tak sedikit produk asli Indonesia yang ikut memainkan strategi marketing lewat drama Korea ini. Sebagian besar produk bahkan muncul di drama-drama Korea paling populer dengan rating tinggi. Berikut ini 5 brand asal Indonesia yang pernah menerapkan product placement di dalam drama Korea dikutip dari berbagai sumber:
1. Kopiko
Produk permen kopi, Kopiko merupakan salah satu brand yang paling sering muncul di drama-drama Korea populer. Beberapa di antaranya yang terbaru adalah Little Women, Hometown ChaChaCha, dan My Demon.
Permen Kopiko diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk. Produk ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia dan kini mampu go internasional.
2. Cargloss
Anda pernah menonton drama Korea berjudul If You Wish Upon Me? Di salah satu adegan yang diperankan Soo Young SNSD dan Won Ji-an terdapat Helm Cargloss yang dikenakan kedua aktor tersebut.
Helm Cargloss merupakan produk PT Megah Karya Mandiri yang berlokasi di Cibinong, Bogor. Di Indonesia, terutama kalangan anak muda, helm ini cukup populer.
3. Nabati
Nabati terkenal sebagai brand dengan produk makanan ringan di Indonesia. Salah satu produk Nabati, yakni Wafer Nabati muncul di drama Korea The Fabulous yang dibintangi Min Ho SHINee.
Makanan ringan dari brand Nabati diproduksi oleh PT Kaldu Sari Nabati Indonesia. Produk ini memiliki banyak varian makanan ringan dan digemari oleh semua kalangan.
4. Indomie
Produk mie instan Indomie sangat populer di Indonesia sejak lama. Bahkan, dari media sosial beberapa tahun terakhir kita ketahui bahwa produk ini juga populer di banyak negara.
Indomie diproduksi oleh PT Indofood Sukes Makmur Tbk. Produk mie instan Indomie pernah muncul di drama Korea yang populer, yakni “Vagabond”.
5. Scarlett Whitening
Scarlett Whitening dikenal di Indonesia sebagai produk perawatan kulit yang didirikan oleh salah satu artis Indonesia, Felicya Angelista.
Kiprah brand Scarlett Whitening kini tak hanya merambah pasar lokal, tetapi juga internasional. Iklan produk ini pernah muncul di drama Korea populer, seperti Reborn Rich yang dibintangi oleh Song Joong Ki, yang juga merupakan Brand Ambassador produk tersebut. Selain itu, Scarlett Whitening juga masuk dalam drama Korea Today’s Webtoon.
Itu tadi 5 brand asli Indonesia yang pernah menerapkan strategi marketing lewat drama Korea. Produk lokal pun mampu mendunia lewat budaya populer yang sedang digemari. Marketer dapat mengambil inspirasi dari fenomena ini untuk menentukan strategi marketing produk-produknya.