Pernahkah Anda menyebut suatu barang, tetapi yang terpikirkan adalah brand produk tertentu? Jika ya, artinya brand tersebut telah menjadi “top of mind” dalam pikiran Anda.
Top of mind awareness adalah ukuran tradisional efektivitas pemasaran. Hal ini juga berkorelasi kuat dengan preferensi merek dan peningkatan pangsa pasar. Seorang master dalam pemasaran, Kat McDaniel, membagikan lima cara bagi para pengusaha untuk mencapai “top of mind” di pasar produk mereka. Berikut penjelasan lengkapnya:
1. Temukan Poin Unik Penjualan
Pertimbangkan apa yang membuat perusahaan Anda istimewa. Apakah itu ceruk pasar? Layanan luar biasa? Produk dan layanan dengan target yang spesifik? Nyatakan hal ini dengan jelas kepada prospek Anda. Jadikan poin nilai ini sederhana dan mudah diingat.
2. Bersikaplah Proaktif
Iklan besar-besaran dalam satu kali dapat menyampaikan pesan Anda dengan cepat. Namun, top of mind awareness memerlukan pendekatan pemasaran yang konsisten dari waktu ke waktu. Teruslah datang kepada prospek pasar Anda.
3. Gunakan Branding yang Konsisten
Segala bentuk iklan mulai dari literatur pelanggan hingga buletin elektronik Anda harus memiliki pesan yang konsisten, serta tampilan dan nuansa yang serupa. Satu merek, satu pesan.
4. Gunakan Banyak Sentuhan dan Banyak Saluran
Sasarlah audiens Anda menggunakan berbagai saluran dari waktu ke waktu. Hal ini dilakukan karena kesadaran didasarkan pada pengulangan.
5. Bermanfaat
Kehadiran yang intens tidak selalu berarti mengganggu. Anda ingin pelanggan menganggap Anda sebagai penyedia informasi yang berguna dan bukan sebagai hama yang mengganggu. Sering-seringlah berkomunikasi, tetapi berikan nilai tulus kepada audiens Anda setiap saat.
Top of mind harus menjadi tujuan utama upaya pemasaran Anda. Hal ini akan membantu pelanggan memerhatikan Anda di pasar yang ramai, sekaligus meningkatkan respons pelanggan.
Sumber : https://mymediahead.com/5-ways-to-achieve-top-of-mind-awareness/
Sumber gambar : iStock