5 Tips Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadan untuk Usaha dan Bisnis

Momen bulan ramadan menjadi peluang yang baik bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan. Sebab tingkat konsumsi masyarakat meningkat selama bulan puasa hampir dalam semua aspek, seperti pangan, sandang, otomotif, dan sebagainya.

Peningkatan kebutuhan masyarakat tersebut bahkan dapat mencapai tiga kali lipat daripada bulan-bulan biasa. Namun, para pebisnis tetap perlu melakukan beberapa hal agar angka penjualan dapat optimal.

Melansir Bisnis.com, merchant Marketing Lead Tokopedia, Annabel, membagikan tips bagi para pelaku usaha dalam memaksimalkan penjualan jelang dan selama bulan ramadan 2024.

1. Jaga stok barang agar penjualan aman

Penjual perlu memastikan stok barang selalu tersedia selama ramadan. Sebab, jumlah penjualan beberapa produk biasanya mengalami peningkatan. Jangan sampai pembeli beralih ke toko lain karena stok barang yang habis.

2. Dekorasi halaman produk dan toko dengan tema Ramadan agar pembeli terkesan

Jika toko-toko dan pusat perbelanjaan offline tampil meriah dengan dekorasi khusus selama ramadan, ini berlaku juga bagi para pelaku usaha online. Munculkan suasana halaman toko dengan nuansa khas ramadan. Semisal dengan memasang banner atau gambar promosi khusus ramadan. Hal itu dapat menjadi konten menarik yang mengundang pelanggan.

3. Hadirkan berbagai promosi untuk memikat hati pembeli

Peningkatan jumlah permintaan produk selama ramadan biasanya diikuti dengan berbagai promosi menarik. Baiknya jika toko Anda ikut menawarkan promosi untuk menarik banyak pelanggan.

Anda perlu menyisihkan sebagian anggaran untuk promosi saat ramadan 2024. Sebelum menghadirkan promosi, kenali target pasar yang Anda tuju. Ada beberapa jenis promosi yang dapat dimanfaatkan penjual, antara lain kupon cashback, diskon toko, flash sale, rilisan spesial, diskon bertingkat, hadiah pembelian, bebas ongkir, dan masih banyak lagi.

4. Manfaatkan tren video pendek dan live streaming agar pembeli makin yakin

Masih menurut Anabel, tren video pendek dan live streaming saat ini dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan memperluas jangkauan promosi selama bulan ramadan. Gunakan media sosial untuk menyebarkan kemeriahan promo yang sedang berlangsung, dengan menyusun penyampaian konten yang sesuai dan mengatur jadwal unggah konten, termasuk saat sahur, ngabuburit, dan berbuka puasa.

5. Evaluasi jualan toko agar penjualan semakin optimal

Setelah melakukan berbagai upaya meningkatkan penjualan, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk mengevaluasi performa penjualan toko selama ramadan. Beberapa hal yang perlu dilakukan contohnya, tinjau data penjualan, kunjungan toko, produk terlaris dan yang belum terjual, ulasan pembeli, dan tren pasar untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Jangan lupa evaluasi pula anggaran yang telah dikeluarkan, serta manfaat dari kampanye atau promosi toko yang sudah diterapkan. Selain itu, Anabel menambahkan, pantau juga performa promosi toko di media sosial. Lakukan evaluasi angka, metrik, serta engagement rate di media sosial setiap minggunya.

Cek juga kualitas komentar yang ada di setiap konten untuk mengetahui relevansi konten yang sudah terpublikasi. Penjual juga sangat disarankan untuk membangun kedekatan dengan pembeli, termasuk membalas pesan dan komentar.

Sumber: https://m.bisnis.com/amp/read/20240306/88/1746950/tips-tingkatkan-jualan-online-di-bulan-ramadan-untuk-pebisnis-umkm-pemula
Sumber Gambar : iStock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Free Consult