Kamu penyuka drama Korea dan sering melihat pemerannya melakukan adegan yang mengandung iklan produk tertentu? Ya, ini memang fenomena yang terjadi pada beberapa tahun terakhir.
Produk Kopiko misalnya kerap muncul di beberapa drama Korea seperti, Vincenzo, Hometown ChaChaCha, dan Strong Girl Nam Soon. Sementara, sering pula kita temukan satu drama Korea memunculkan iklan beberapa produk, seperti My Demon yang mengiklankan produk Kopiko, Danisa Butter Cookies, dan lain-lain.
Ini adalah salah satu strategi marketing yang dinamakan product placement. Menurut suvarna.id, product placement adalah strategi marketing di mana produk dari suatu brand ditampilkan di suatu produksi, seperti film, game, atau TV series untuk mendapatkan audiens baru.
Product placement bersifat soft-selling dan implisit. Teknik marketing ini memungkinkan peningkatan brand recognition dan awareness pada penonton.
Ada beberapa jenis product placement, seperti screen placement, script placement, dan plot placement. Screen placement adalah jenis product placement yang langsung memperlihatkan produk di dalam suatu scene tanpa menyebutkan nama produk. Kebalikan dari screen placement, script placement merupakan product placement yang hanya menyebutkan nama produk tanpa memperlihatkan produk. Sedangkan, plot placement adalah bentuk product placement yang membuat produk seakan-akan seperti ciri khas dari film.
Mengapa produk-produk tersebut tertarik memasang iklan di drama Korea? Seperti yang kita ketahui, drama Korea tidak hanya ditonton oleh audiens Korea, tetapi juga ditonton oleh audiens dari berbagai negara. Dengan begitu brand produk dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness.
Sumber: https://suvarna.id/apa-keuntungan-dari-product-placement-di-drama-korea/#!