Marketers tentu tak asing dengan istilah digital marketing. Sebagai sebuah strategi pemasaran berbasis teknologi, digital marketing menjadi cara yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan di era digital.
Teknologi seperti website, sosial media, TV digital, email, dan lain sebagainya memiliki keunggulan yang tak bisa dilakukan oleh cara-cara pemasaran tradisional. Mengapa digital marketing berperan begitu penting bagi pengembangan produk maupun brand? Berikut ini beberapa jawabannya menurut para ahli:
- Menjadi penghubung konsumen dan perusahaan
Menurut Coviello, Milley, dan Marcollin pada tahun 2001, digital marketing melalui media internet dan teknologi interaktif lainnya mampu menghubungkan konsumen dan perusahaan. Melalui teknologi ini, keduanya dapat secara langsung berbagi informasi dan berkomunikasi.
Melalui jalinan komunikasi yang dapat dilakukan dengan cepat, di mana pun, dan kapan pun, tentu kegiatan jual beli produk akan semakin mudah. Begitu pula saat konsumen memiliki pertanyaan atau masukan, perusahaan dapat dengan cepat menampung hal itu.
- Jangkauan konsumen yang besar dari berbagai jenis platform
Digital marketing adalah perkembangan dari pemasaran online melalui web, perangkat games, dan telepon genggam. Semua itu bertujuan menawarkan akses baru terkait metode promosi yang memiliki pengaruh besar untuk menarik perhatian orang lain. Hal ini disampaikan Heidrick dan Struggles pada 2009.
Menurut Heidrick dan Struggles, digital marketing memiliki efektivitas yang jauh lebih besar dibanding media tradisional, seperti media cetak dan televisi. Mereka menilai, promosi konvensional membuat hubungan brand dengan calon pelanggan potensial menjadi kurang interaktif.
- Meningkatkan fungsi pemasaran tradisional
Pendapat lain muncul dari seorang ahli bernama Urban sekitar tahun 2004, ia beranggapan digital marketing merupakan upaya penggunaan internet dan teknologi untuk meningkatkan dan memperluas fungsi dari pemasaran tradisional sebelumnya.
Ia mengungkapkan, metode pemasaran tradisional kurang optimal jika diterapkan di masa yang serba digital seperti sekarang. Teknologi memungkinan terjadinya interactive marketing, one to one marketing, dan e-marketing, yang membuat aktivitas pemasaran menjadi lebih maksimal.
- Dampak yang didapatkan mudah diukur
Menurut ahli Kleindl dan Burrow, istilah digital marketing mengarah pada perencanaan dan pelaksanaan ide, kemudian pemikiran konsep, promosi, harga, dan juga distribusi. Dengan kata lain, hampir seluruh proses dalam digital marketing mulai dari strategi perencanaan hingga dampak yang dihasilkan menjadi lebih mudah diukur, dibandingkan cara pemasaran tradisional.
Itulah beberapa keunggulan digital marketing menurut para ahli. Dapat disimpulkan, digital marketing menjadi aktivitas yang wajib dilakukan para pebisnis di era ini untuk kesuksesan produk maupun brand.
Sumber: https://redcomm.co.id/knowledges/peran-digital-marketing-menurut-para-ahli
Sumber gambar : freepik.com