5 Contoh Iklan Billboard yang Eye-Catching!

contoh iklan billboard

Iklan billboard adalah salah satu bentuk iklan luar ruang (Out of Home/OOH) yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness

Dengan ukuran yang besar, lokasi yang strategis, dan proposisi yang unik, billboard mampu menarik perhatian banyak orang dalam waktu singkat. 

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari beberapa contoh iklan billboard yang menarik dan strategi yang digunakan untuk mendorong tindakan pembelian. 

Mari kita mulai!

Manfaat Iklan Billboard untuk Menaikan Brand Awareness

Iklan billboard memiliki beberapa manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran merek.

Pertama, iklan ini dapat menjangkau audiens yang luas, terutama di lokasi-lokasi strategis seperti jalan raya, pusat perbelanjaan, dan area publik lainnya.

Kedua, desain yang menarik dan pesan yang jelas dapat meninggalkan kesan mendalam pada pengendara dan pejalan kaki.

Makanya, iklan billboard bisa banget menjadi alat yang ampuh untuk memperkenalkan produk atau layanan baru kepada masyarakat.

Apalagi untuk memberikan kesan yang lebih menempel pada pikiran masyarakat.

Gimana? Sebelum mulai butuh inspirasi? Ini 5 contoh advertising billboard OOH yang menarik perhatianmu. Dari sebuah buah pikir yang sederhana dan memancing perhatian, terasa relatable, hingga meninggalkan kesan yang melekat.

Contoh Iklan Billboard di Indonesia yang Bisa Dipelajari

Gojek

contoh iklan billboard gojek

Sumber Gambar: The Perfect Media Group

Deskripsi Iklan: billboard yang mengiklankan akan jasa layanan GoRide GOJEK, berfokus pada reliabilitas dan komitmennya pada kostumer.

Dengan tagline, “Siap Terjang Hujan, Biar Kamu Sampai tujuan”, GOJEK berusaha menyampaikan janji layanan brand mereka, bahkan dalam keadaan yang menantang seperti hujan lebat.

Gambar tersebut menggambarkan seorang pengemudi GoRide dengan seorang penumpang di tengah hujan, menyoroti dedikasi mereka.

Dengan hastag #PenjagaAmanah memperkuat peran GOJEK sebagai penyedia layanan yang dapat diandalkan.

Terdapat Strategi yang digunakan GOJEK, di antaranya strategi konesi emosional, dimana iklan tersebut terhubung dengan orang Indonesia secara emosi dengan mengkaitkan sebuah situasi yang nyata dan relevan, seperti berpergian di tengah hujan, yang menekankan pada empati akan kesulitan pelanggan dan memposisikan brand mereka sebagai penyedia kemudahan dan kenyamanan.

Adapun strategi story telling visual, dimana elemen visual menggambarkan cerita dedikasi dan layanan tanpa membutuhkan kata-kata yang banyak.

Memiliki Kesederhana dan Kejelasan yang ditekankan pada desain yang rapi dan tulisan bold dengan warna hijau iconic GOJEK sehingga memastikan terjadinya brand recognition.

Sebagai bentuk dari Dampak pada Brand Awarenness, muncul rasa kepercayaaan akan kostumer menggunakan brand GOJEK sebagai penyedia layanan jasa.

Dengan meningkatnya rasa percaya, maka timbul juga loyalitas kostumer dan memperkuat reputasi brand.

Termasuk brand recall yang mana dengan tagline sederhana disertai dengan warna iconic GOJEK, kostumer jadi lebih mudah dalam mengingat brand tersebut.

Apa yang bisa dipelajari? Tentunya dalam membuat sebuah iklan billboard eye-catching, penambahan elemen emosional dan kebutuhan audiens secara spesifik, termasuk dengan situasi kondisi yang menjadi keresahan audiens sehingga terbangun sebuah koneksi emosional. 

Tokopedia

contoh iklan billboard tokopedia

Dari di lihat, deskripsi iklan Tokopedia berisikan sebuah campaign di Bogor, Indonesia, merayakan ulang tahun ke-9 (#9TahunBersama).

Dalam iklan tersebut juga menggunakan kata “hatur nuhun” yang melokalisasi pesan untuk masyarakat Bogor.

Warna hijau pada latar belakang Tokopedia sebagai brand, yang menjadikan masyarakat memiliki brand recognition akan tempat online shop berwarna hijau.

Hastag #9TahunBersama menghubungkan iklan tersebut dengan kampanye ulang tahun yang lebih besar, yang meningkatkan rasa selebrasi dan komunitas.

Perlu diketahui, terdapat juga beberapa strategi iklan yang digunakan, seperti pesan yang bersifat lokal dengan penggunaan kata “Bogor” dan bahasa Sunda, sehingga menciptakan koneksi personal dengan audiens lokal.

Dengan membuat audiens merasa diakui dan dihargai. Hal ini dilakukan untuk membangun community pride.

Kemudian, ada juga narasi yang berpusat pada kustomer, dimana Tokopdia mengubah fokus brand-nya sendiri menjadi audiensnya dengan berterimakasih kepada mereka atas kontribusi dalam membangun pertumbuhan UMKM.

Lantas, Dampaknya terhadap Brand Awareness adalah, memperkuat engagement lokal atau keterlibatan masyarakat lokal dengan menyebutkan kata “Bogor” dan “Hatur Nuhun”, sehingga menciptakan rasa kepemilikan dan membuat audiens seakan-akan terlibat dalam misi Tokopedia secara langsung.

Apa yang bisa dipelajari? Dari Tokopedia, ternyata lokasi spesifik akan dimana suatu billboard ads dipasang juga menentukan bagaimana suatu brand ingin terkoneksi dengan audience lokal di daerah tersebut.

Seperti pesan yang bersifat lokal dengan menggabungkan bahasa dan unsur budaya setempat untuk meningkatkan keterlibatan dan keterhubungan secara signifikan.

Adapun fokus rasa syukur yang membangun kesetiaan, dimana mengakui dan menghargai kustomer dapat menumbuhkan itikad baik dan memperkuat loyalitas mereka.

Karena, audiens cenderung lebih mendukung brand yang mereka hargai.

Bibit

contoh iklan billboard bibit

Dari deskripsi iklan Bibit, platform investasi reksa dana, ini meyasar pada audiens yang pernah mengalami kerugian finansial akibat investasi bodong. 

Penggunaan kata “kapok” sebagai frasa gaul yang beresonansi dengan orang-orang yang kehilangan rasa kepercayaan pada investasi yang tidak teratur.

Iklan tersebut juga menonjolkan logo Bibit, Ikon aplikasi untuk Play Store dan App Store, serta logo OJK (Otoritas Jasa Kuangan) Indonesia, yang menegaskan pada poin legitimasinya.

Disertai juga dengan ilustrasi atau gambar seorang penasihat keuangan (atau persona pengguna) yang disertakan, sehingga memperkuat kredibilitas dan profesionalisme.

Strategi yang digunakan oleh Bibit dalam iklannya berupa mengarah pada Pain Poins atau permasalahan.

Iklan tersebut mengidentifikasi kunci poin permasalahan emosional, baik rasa frustrasi dan tidak percaya akibat investasi yang tidak terkelola dengan baik sehingga menarik perhatian audiens.

Adapun kepercayaan yang dibangun melalui otoritas dengan menampilkan logo legitimasi OJK pada platform dan membedakan Bibit dari investasi bodong, menenangkan potensial kostumer akan keamanan dan kredibilitasnya.

Serta penggunaan bahasa yang relatable, seperti penggunaan kata “Kapok” membuat iklan terasa lebih personal dan approachable, sehingga membangun koneksi dengan investor tiap harinya.

Dampak iklan pada brand awareness adalah menggambarkan posisi brand sebagai pilihan yang dapat dipercaya, yakni dengan mengkontraskan Bibit dengan investasi bodong, iklan tersebut menggambarkan Bibit sebagai brand yang aman dan dapat dipercaya sebagai platform investasi.

Hal tersebut dapat bekerja karena mengarah pada sikap skeptis pada audiens.

Selain itu,  terdapat juga peningkatan kredibilitas, dimana OJK dipakai untuk memperkuat image Bibit sebagai platform yang teregulasi dan diawasi, sehingga meningkatkan rasa percaya pada pengguna potensial.

Apa yang bisa dipelajari? Pada iklan ini, brand Bibit meyakini bahwa empati mendorong keterlibatan audiens, dengan cara menekan pada pain point speisifik atau frustasi yang menciptakan sebuah hook emosional.

Audiens biasaya lebih mempercayai brand yang memahami tantangan mereka.

Adapun legitimasi merupakan kunci dalam layanan finansial, seperti bagaimana logo OJK sebagai pihak pengawas memberikan sebuah sinyal yang kuat akan brand Bibit itu berbeda dalam industri ini, dimana kredibilitas adalah nilai yang berharga.

Tiket.com

contoh iklan billboard tiket.com

Sumber: X.com

Dari iklan billboard Tiket.com, deskripsi iklan tersebut dapat berupa, billboard yang memberikan warna cerah sebagai latar dengan beberapa warna kuning sebagai warna tambahan dan terdapat penulisan brand “Tiket.com”.

Kalimat “TTS yang gak bikin pusing dari tiket.com ini dijamin very exciting! merupakan sebuah headline yang menekankan pada kenyamanan dan kegembiraan akan pemesanan travel melalui Tiket.com.

Adapun tulisan Call-to-Action (CTA) pada billboard yang mendukung audiens untuk “Cek pricelist-nya di sini”, mengarahkan mereka untuk explore lebih jauh akan platform untuk promo travel yang menarik.

Penggunaan wordplay dengan puzzle dengan kata “TIKET’, “TRAVEL”, dan “SALE” yang diposisikan secara strategis, menciptakan visual yang engaging dan mudah diingat.

Strategi yang digunakan dalam brand Tiket.com berupa targeting. Secara sengaja billboard ditempatkan pada lokasi dengan trafik yang tinggi, seperti dekat bandara atau pusat transportasi, dengan menargetkan orang-orang yang tertarik untuk jalan-jalan atau travel.

Terdapat juga strategi pendekatan emosional, dimana iklan menggunakan nada playful dan desain yang colorful untuk munculkan sensasi kegembiraan yang berhubungan dengan travel.

Strategi teka-teki silang pada iklan juga memberikan visual yang menghubungkan brand dengan hal-hal yang berkaitan dengan travel, memperkuat identitas brand sebagai platform travel.

Peran iklan tersebut akan Dampak terhadap brand awareness adalah meningkatnya visibilitas, dimana wujud visual yang besar serta bewarna mampu menangkap atensi dan mendorong brand recall.

Terdapat juga desain yang playful dan pesan yang positif membangun hubungan positif dengan brand.

Apa yang bisa dipelajari? Dengan disesuaikan antara kebutuhan dan target pasar, pengempatan iklan pada lokasi yang strategis, yang dipenuhi oleh trafik pejalan kaki dapat memaksimalkan jangkauan dan dampak.

Visual yang menarik sehingga membuat eye-catching juga krusial untuk menangkap atensi audiens di dalam suasana lingkup keramaian.

Indomie

contoh iklan billboard indomie

Sumber: X.com

Secara visual, mungkin deskripsi iklan brand Indomie terlihat sederhana, dimana hanya terdapat siluet atau bayangan perempuan yang duduk dekat jendela sambil memakan sebungkus indomie.

Visual tersebut juga menggambarkan situasi hujan diluar gambar jendela, memberikan kesan yang nyaman, sendu, dan relatable.

Adapun teks visual “Pas hujan, pasnya Indomie”, yang menekankan akan kenyamanan dan sensasi familiar dengan Indomia, apalagi saat cuaca sedang tidak cerah.

Strategi yang digunakan dalam iklan ini adalah dengan pendekatan emosional yang memberikan rasa comfort, hangat, dan nostalgia.

Apalagi visual ilustrasi gambar seseorang yang menikmati hangatnya semangkok mi instan di waktu hujan beresonansi dengan pengalaman pribadi audiens.

Sederhana dan Jelas dalam wujud pesan yang disampaikan menjadi bentuk yang straightforward dan mudah dipahami, sehingga meninggalkan impresi yang tertahan pada audiens.

Iklan billboard ini juga menargetkan audiens secara luas, terutama yang memiliki pengalaman dimasa hujan dan mencari makanan yang enak untuk disantap.

Dampaknya terhadap brand awareness adalah pesan sederhana namun efektif menjadi pengenalan akan brand yang dikaitkan dengan suasana nyaman dan nostalgic, sehingga meningkatkan juga brand recognition.

Iklan billboard tersebut juga mempomosikan perspektif positif akan Indomie sebagai brand yang menjual rasa nyaman dan diandalkan, terutama saat momen-momen tertentu.

Dengan tagline yang mudah diingat dan visual yang relatable, meningkatkan brand recall, sehingga secara tidak langsung membuat Indomie menjadi pilihan utama sebagai makanan comfort.

Apa yang bisa dipelajari? Mengenal bahwa koneksi emosional dengan audiens menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kesetiaan kustomer akan brand.

Kesederhanaan juga menjadi kunci untuk menyampaikan pesan yang jelas dan beresonansi baik dengan audiens sehingga memberikan kesan yang melekat.

Memvisualkan suasana atau situasi yang relatable dapat beresonansi dengan pengalaman audiens, sehingga memperkuat koneksi dengan brand.

Ingin Belajar lebih banyak tentang Kekuatan Iklan OOH?

Bagaimana? Di balik kesederhanaan billboard OOH yang sering kita lihat, terutama secara visual, ternyata terdapat hal-hal strategis yang disusun secara spesifik untuk target audiens tertentu, sehingga menciptakan sebuah branding yang melekat pada audiens. 

Itulah kekuatan dari OOH billboard sebagai salah bentuk short ads

Jadi pengen nyoba buat naikkin brand kamu gak sih lewat strategi OOH billboard? Singkat tapi melekat.

Cek artikel OPTIMA untuk wawasan tentang menciptakan kampanye yang berdampak dan memahami jangkauan unik dari iklan OOH.

Baca juga: 7 Contoh Iklan OOH Terbaik untuk Meningkatkan Brand Awareness

Author

  • (Author)

    Dietisian yang memiliki antusias di bidang penelitian nutrisi dan kreatif. Antusias dalam bidang riset kesehatan, konsultasi gizi, dan dunia kreatif. Menjadi Creative Content yang menghasilkan artikel kesehatan yang berbasis bukti serta konten sosial media yang menarik dan edukatif. Kekuatan yang besar datang dengan tanggung jawab yang besar!

    Lihat semua pos
  • (Editor)

    SEO Specialist dengan pengalaman 2 tahun. Memiliki dedikasi besar untuk memajukan bisnis klien dengan menggunakan strategi SEO branding yang dimilikinya. Mari Selangkah Lebih Jauh Menuju Kesuksesan!

    Lihat semua pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Free Consult