Key Visual, Elemen Penting untuk Kesuksesan Brand di Era Digital

key visual

Belakangan ini ramai di media sosial seorang konten kreator yang menyindir kreator baru yang masih pemula karena meniru setup konten miliknya.

Hal ini karena menurutnya, setup konten talking head dengan background api itu adalah key visual miliknya. Meskipun saat ini ia sudah memberikan klarifikasi, ada hal yang menarik yang bisa kita pelajari terkait Key Visual.

Lantas apa itu Key Visual? Apakah ada pengaruhnya terhadap sebuah brand? Berikut penjelasannya.

Key Visual menjadi elemen penting dalam membangun brand yang kuat dan sukses di era digital yang serba visual ini.

Key Visual merupakan representasi visual identitas brand, yang dapat berupa gambar, logo, ilustrasi, atau animasi yang mudah dikenali dan diingat oleh konsumen.

Manfaat Key Visual Sebuah Brand

Berikut adalah manfaat dari key visual untuk sebuah brand

  • Meningkatkan Brand Awareness
    Key Visual yang menarik dan unik akan membantu brand lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen di tengah persaingan yang ketat.
  • Memperkuat Brand Image
    Key Visual yang profesional dan konsisten akan meningkatkan citra brand dan membuatnya terlihat lebih kredibel dan terpercaya.
  • Memperjelas Brand Messaging
    Key Visual dapat membantu menyampaikan pesan brand dengan cara yang lebih efektif dan menarik, sehingga konsumen lebih mudah mengingat dan memahami pesan dari sebuah brand.
  • Meningkatkan Engagement
    Key Visual yang menarik dapat mendorong konsumen untuk berinteraksi dengan brand, seperti menyukai, berkomentar, dan membagikan konten brand.

Maka dari itu, Key Visual menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan sebuah brand. Bisa kita lihat beberapa brand dengan Key Visual yang baik seperti Apple dengan desain minimalis dan elegannya, Tokopedia dengan animasi maskot yang ceria, National Geographic dengan fotografi landscape yang memukau, dan lain sebagainya.

Tips Membuat Key Visual yang Efektif

Berikut adalah tips untuk membuat key visual yang efektif

  • Sesuai dengan Identitas Brand
    Key Visual harus selaras dengan nilai-nilai, target audience, dan positioning brand.
  • Mudah Diingat
    Gunakan elemen visual yang sederhana, unik, dan mudah teridentifikasi, sehingga dapat meninggalkan kesan yang kuat pada konsumen.
  • Konsisten
    Gunakan Key Visual yang konsisten di semua platform komunikasi brand, seperti website, media sosial, iklan, dan kemasan produk.
  • Menarik Perhatian
    Gunakan warna, bentuk, dan komposisi yang menarik perhatian dan sesuai dengan target audience.

Maka dari itu, sebuah brand perlu memperhatikan ketika akan membangun Key Visual dan kemudian mempertahankannya sehingga dapat membantu brand untuk mencapai tujuan bisnisnya dan meraih kesuksesannya di era digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Free Consult