Pasang Iklan Tapi Takut Rugi, Ini 7 Strategi Bisnis Anti Boncos

Memasang iklan untuk mempromosikan produk atau brand memerlukan pertimbangan yang dalam. Terlebih bagi usaha yang baru mulai dirintis.

Tak jarang budget besar yang sudah dikeluarkan untuk beriklan berakhir dengan hasil yang tidak memuaskan. Iklan yang muncul ternyata kurang mampu menjangkau pelanggan yang luas maupun kurang berpengaruh pada penjualan.

Maka, sangat penting untuk menyusun strategi sebelum beriklan agar tak berakhir boncos atau merugi. Melansir dari moota.co, berikut ini tips tentang menyusun strategi dalam beriklan:

1. Detail Produk

Produk adalah barang yang akan ditawarkan kepada calon pelanggan. Sangat penting mengetahui detail produk sebelum mengiklankannya. Semisal mengenai bahan, fungsi, kualitas, dan harganya. Jangan sampai jika ada pertanyaan yang masuk dari calon pelanggan, ada detail produk yang Anda tidak ketahui jawabannya.

2. Audiens

Menentukan audiens dari produk jualan sangat penting dilakukan sebelum beriklan. Dengan demikian, dapat menghindari pemasangan iklan yang salah sasaran. Untuk mengetahui audiens produk secara tepat, Anda terlebih dahulu dapat melakukan riset, memerhatikan kompetitor, dan lain sebagainya.

3. Algoritma Iklan

Di dalam iklan digital, terdapat algoritma iklan yang bertujuan menjangkau pengguna secara luas dan tepat sasaran. Ada beberapa faktor yang memengaruhi algoritma, mulai dari isi konten, konsistensi, dan juga waktu tayang. Ada juga fitur yang bernama search engine optimization (SEO) dalam website yang membantu dalam pencarian. SEO berpengaruh jika kamu memiliki website untuk toko onlinemu.

4. Branding

Membangun sebuah brand membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan konsistensi dalam memperkenalkannya kepada khalayak. Dengan dunia digital saat ini, peluang untuk memperkenalkan sebuah brand baru mungkin tak semahal dengan iklan konvensional. Namun, jika Anda menjual produk dari brand yang sudah terkenal, mungkin akan terasa lebih nyaman. Tugas selanjutnya adalah memperkuat brand produk yang Anda miliki.

5. Channel Iklan

Hampir semua platform digital yang ada saat ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana memasang iklan.
Beberapa di antaranya adalah Fecebook ads, Instagram ads, Tiktok ads, endorsement, dan sebagainya. Semuanya memiliki kelemahan dan kekuatan yang berbeda-beda. Pahami channel yang cocok untuk produk Anda agar iklan menjadi tepat sasaran.

6. Biaya

Menentukan biaya beriklan butuh perhitungan yang juga matang. Iklan dalam bisnis memang penting, namun bukan prioritas. Biaya yang lebih besar lebih disarankan untuk pengembangan brand dibanding beriklan.

7. Eksekusi

Setelah keseluruhan hal di atas dirancang, tahap berikutnya adalah eksekusi. Jangan lupa membuat laporan dari hasil beriklan untuk evaluasi dalam menjalankan bisnis. Perhatikan juga biaya dan feedback yang akan Anda dapatkan.

Sumber: https://moota.co/strategi-beriklan-anti-boncos/
Sumber Gambar: iStock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Free Consult