Ini adalah cerita tentang sebuah kedai kopi. Ini juga cerita tentang dua sahabat yang berhasil mengembangkan bisnis kopinya dengan luar biasa pesat.
Blank Street Coffee adalah sebuah brand kopi yang didirikan oleh dua imigran muda di Amerika, yakni Vinay Menda dari Uni Emirat Arab dan Issam Freiha dari Lebanon pada Mei 2020. Mereka berdua memulai kedai pertama Blank Street Coffee dengan satu gerobak di sudut jalan Blank Street, Williamsburg, New York.
Hanya dalam tiga setengah tahun itu, Blank Street Coffee telah berkembang menjadi 150 kedai kopi di seluruh New York City, Boston, Washington DC, dan London. Sementara, investment worth Blank Street Coffee saat ini telah mencapai 100 juta US Dolar.
Sejak awal, Blank Street bertujuan menyajikan alternatif kopi yang lebih terjangkau namun berkualitas tinggi. Kopi mereka dibuat dengan mesin raksasa asal Swiss, yang berarti Blank Street dapat mempekerjakan lebih sedikit pekerja per shift dibandingkan pesaing mereka.
Pendana Venture Capital (VC) menyukai hal tersebut. Pada 2021, para pendiri Blank Street telah mengumpulkan 67 juta Dolar dari perusahaan-perusahaan seperti Left Lane Capital, General Catalyst, dan Tiger Global (yang mendukung Allbirds).
Jika banyak coffee shop sengaja menyajikan tempat untuk kerja atau meeting, Blank Coffee Shop tidak demikian, kedai kopi ini fokus pada penjualan take away.
Sehingga lebih banyak pelanggan yang bolak-balik untuk membeli dan semakin banyak penjualan per harinya. Selain itu, dengan tempat yang kecil-kecil lebih menekan biaya sewa.
Pelanggan mereka sangat menyukai kopi mereka dan mulai merekomendasikan kedai kopi ini kepada teman-teman mereka. Dalam waktu singkat, kedai kopi mereka menjadi sangat populer di kota New York.
Kampanye Digital Marketing
Tak puas dengan strategi-strategi di atas, kedua pendiri Blank Street Coffee, juga melakukan kampanye bisnisnya melalui digital marketing. Mereka memulai dengan pembuatan website Blank Street Coffee yang ternyata membuahkan hasil. Bahkan, website mereka muncul di halaman pertama hasil pencarian Google ketika pengguna mencari kata kunci terkait merek kopi.
Bukan hanya itu, mereka juga aktif menjalankan akun media sosial Blank Street Coffee di Instagram dan Facebook. Akun media sosial mereka juga berhasil mendapatkan banyak pengikut dan interaksi. Salah satu strategi yang dijalankan adalah ber-partner dengan beberapa influencer dan brand lainnya yang sedang trending, seperti brand sunscreen Supergoop!, Kendall Jenner’s 818 Tequila, dan YouTuber Emma Chamberlain’s Chamberlain Coffee.
Dengan meningkatnya visibilitas merek mereka, Blank Street Coffee pun mulai menjual produk mereka secara online. Mereka juga menjual biji kopi ke beberapa kedai kopi di luar kota New York.
Dalam era digital seperti sekarang, digital marketing menjadi salah satu alat yang sangat efektif untuk memperluas bisnis. Dengan memanfaatkan website, media sosial, dan SEO, mereka berhasil mencapai tujuan mereka.
Sumber:
https://www.cnbc.com/2024/01/05/blank-street-coffee-bets-on-subscription-program.html
https://www.forbes.com/sites/cereal-entrepreneurs/2023/10/10/blank-street-coffee-is-everywhere-the-founders-have-maybe-one-regret/?sh=33e7a05139a7
https://medium.com/embedded-brand-strategy/diary-of-a-brand-blank-street-coffee-5a3997aab507
https://mediamarketer.id/diary-of-a-brand-digital-marketing-of-blank-street-coffee