Teknologi Berkembang Pesat, Ini 7 Tren Digital Marketing Tahun 2024

Teknologi Berkembang Pesat, Ini 7 Tren Digital Marketing Tahun 2024

Teknologi Berkembang Pesat, Ini 7 Tren Digital Marketing Tahun 2024

Pemasaran digital saat ini sangat kompleks seiring munculnya teknologi dan platform baru. Tidak dapat dipungkiri, pemasaran digital di masa yang akan datang akan semakin kompleks.

Sebagai contoh besarnya adopsi dan minat terhadap Open AI ChatGPT. Marketer juga harus menghadapi kompleksitas dari banyak saluran, seperti penelusuran organik dan berbayar, media sosial, display, dan pemasaran email.

Memasuki 2024, marketer perlu mempersiapkan pengetahuan tentang tren pemasaran digital di tahun ini. Dengan demikian, marketer dapat mengambil peluang terbaik yang ditawarkan oleh tren-tren terbaru.

Berikut ini adalah beberapa tren digital advertising tahun 2024 yang berhasil dirangkum dari penelitian yang dilakukan Smart Insights:

  1. Strategi Pemasaran dan Brand
    Survey yang dilakukan Smart Insights kepada 400 responden menunjukkan bahwa hampir separuh (47 persen) bisnis tidak memiliki strategi pemasaran digital. Namun, mereka melakukan pemasaran digital.

    Padahal, pemasaran digital amat penting bagi semua jenis bisnis. Kamu bisa menggunakan pendekatan strategis dengan cara mengevaluasi semua opsi strategi pemasaran yang dapat dilakukan, kemudian memprioritaskan kegiatan yang akan memberikan dampak paling besar untuk bisnismu.
  2. Strategi Digital Marketing
    Pemasaran digital memerlukan rencana tersendiri yang mencakup tujuan, strategi, dan cara mewujudkannya. Gunakanlah komunikasi, audiens, dan teknologi yang ada.

    Semua bisnis perlu meninjau kembali kemampuan pemasaran digital mereka secara berkala. Tetapkan pula target serta inisiatif prioritas untuk meningkatkannya.
  3. Basis data dan evaluasi
    Selain melakukan digital marketing, kamu perlu mengukur dan melacak kesuksesan marketing-mu. Salah satunya menggunakan digital marketing dashboards untuk membantumu mengolah data dan melihat dampak dari kegiatan pemasaran digital yang telah kamu lakukan.

    Kamu juga dapat menggunakan Google Analytics, Semrush, Fathom, dan masih banyak lagi, untuk kamu yang baru merintis bisnis di tahap awal.
  4. Media digital
    Tren media digital adalah salah satu tren yang paling penting untuk dipikirkan oleh bisnis pada 2024. Menurut Smart Insights, diprediksi ada tren peningkatan media dan periklanan digital di tahun ini.

    Iklan video menunjukkan minat terbesar. Fitur-fitur seperti penelusuran organik, Google Ads, pemasaran konten, dan pemasaran email juga mendapat peringkat yang tinggi. Marketer perlu memberikan fokus di sini untuk produk dan layanan mereka.

    Dalam hal efektivitas, media sosial dinilai menjadi pilihan terbaik. Selain itu, ada public relation (PR) digital dan iklan bergambar, yang meskipun berperingkat paling rendah, tetap berperan penting bagi brand.
  5. Content Marketing
    Pemasaran konten dipilih sebagai salah satu pilar pemasaran digital yang efektif. Pemasaran konten memerlukan rencana dan proses kontrol untuk memastikannya efektif dalam mendukung aktivitas pemasaran.

    Artinya, penting untuk memiliki pendekatan proaktif dalam mengelola konten sebagai sumber daya dan aset berharga di bisnis kamu. Ada banyak praktik dan fitur terbaik untuk semua platform pemasaran digital, maka buatlah strategi pemasaran konten yang bertujuan memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik.
  6. Pengalaman digital
    Di era digital ini, kepercayaan pelanggan pada kredibilitas bisnis ditentukan juga pada jejak digitalnya. Sangat penting bagi suatu brand memiliki dan mengelola situs web dan/atau aplikasi.

    Buatlah suasana situs web dipersonalisasi yang membuat audiens merasa seperti diajak berbincang. Dengan begitu, audiens akan lebih tertarik untuk mencari tahu produkmu lebih lanjut.
  7. Pesan Digital
    Penggunaan saluran komunikasi langsung atau ‘percakapan’ seperti email, notifikasi seluler, dan obrolan untuk melibatkan dan membujuk audiens masih tetap efektif.

    Teknik pesan digital dinilai sangat berguna karena brand dapat berinteraksi langsung dengan individu untuk menyampaikan komunikasi pribadi yang relevan. Data tentang individu atau kelompok orang serupa biasanya disimpan di cloud atau dalam database perusahaan.

Dunia pemasaran digital selalu bergerak cepat. Untuk menjaga bisnis kamu tetap kompetitif dan sukses, penting untuk meluangkan waktu untuk membuat pendekatan strategis pemasaran.

Kami harap tulisan tentang tren pemasaran digital ini bermanfaat dalam menentukan tolok ukur pemasaran bisnis kamu pada tahun 2024 dan seterusnya.

Sumber: https://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/digital-strategy-development/digital-marketing-trends-2024/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Free Consult