9. Leverage Moment Marketing
Tautkan iklan dengan momen spesifik, seperti hari raya atau event olahraga, juga bisa membantu brand awareness loh.
Dilansir dari studi Marketing Science, momen marketing yang tepat dapat mendorong engagemenet konsumen hingga 20-30% ketika iklan tersebut disinkronisasikan dengan event yang relevan atau trend tertentu.

Menjelang Super Bowl 2013, terdapat kejadian pemadaman listrik di stadium, dan Oreo secara cepat menggunakan momen tersebut dengan melakukan postingan tweet akan foto oreo dengan caption “You can still dunk in the dark”.
Oreo menggunakan digital billboards di lokasi-lokasi ‘kunci untuk memperkuat pesan mereka, memastikan pesan tersebut mencapai fans yang ada secara online maupun offline.
Hasilnya, tweet tersebut meraih 15.000 re-tweet dalam hitungan jam, diikuti dengan 20% peningkatan penjualan di minggu-minggu mengikuti event Super Bowl tersebut.
10. Uji Desain dengan A/B Testing

Kamu juga bisa bandingkan 2-3 versi desain di lokasi berbeda untuk mengevaluasi penilaian loh.
A/B testing pada billboard advertising mengizinkan para pejuang marketing untuk membandingkan desain yang berbeda atau pesan untuk menentukan manakah yang paling efektif untuk menangkap atensi dan engagement.
Riset menunjukkan bahwa billboard yang melakukan A/B testing dapat berpotensi mencapai recall rates hingga 70% untuk design yang lebih bagus dibandingkan dengan desain dasar yang hanya mencapai rates 50%.

Uji A/B juga sempat dilakukan oleh brand Coca-Cola.
Dimana Coca-cola menggunakan A/B testing untuk mengevaluasi beragaram perancangan billboard yang mefiturkan berbagai nama, slogan, dan layouts.
Dengan menganalisiskan versi mana yang menghasilkan lebih banyak engagement dan interaksi sosial media, Coca-cola bisa memperbaiki pendekatan mereka.
Hasilnya, kampain tersebut meraih peningkatan penjualan sebesar 7%.
Billboard yang memfiturkan nama-nama terpopuler juga mendorong tingkat engagement, dengan laporan bahwa iklan dengan nama yang dipersonalisasi memiliki tingkat recall rate 30% lebih tinggi dibandingkan iklan tanpa personalisasi nama.
Sebagaimana disampaikan juga oleh CEO OPTIMA Media & Advertising, “strategi yang terperinci bahkan dari visual desain akan bermain peran yang penting untuk waktu yang singkat dalam meningkatkan brand recognition maupun brand recall”
Belum Terbayang Bagaimana Desain Iklan Billboard yang Menarik?
Billboard efektif bukan sekadar soal ukuran lagi, tetapi kombinasi dari desain minimalis + data lokasi + interaktivitas.
Bahkan contoh sukses seperti Coca-Cola dan Apple juga membuktikan bahwa integrasi teknologi dan emosi juga menjadi kunci memenangkan persaingan di ruang publik
Jadi billboard eye-catching bukan sekadar alat promosi loh, tapi juga sebuah investasi dalam membangun identitas brand yang tidak akan terlupakan dan tetap responsif meski di tengah audiens yang bergerak cepat.
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang desain iklan billboard yang sesuai dengan kebutuhan brand? Kami OPTIMA Media dan Advertising siap membantu kamu untuk meningkakan visibilitas brand.
Hubungi kami segera di WhatsApp.